Makanan Sehat untuk Jantung

Konsumsi makanan sehat serta pola hidup yang teratur dapat menjadi modal utama untuk mendapatkan jantung sehat. CERDAS memilih makanan sehat akan memengaruhi kesehatan dan stamina tubuh anda. Jantung merupakan organ tubuh kita yang paling penting keberadaanya, karena dengan jantung sehat umur akan lebih panjang.
Untuk mendapatkan jantung sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan mengontrol stres merupakan beberapa hal yang direkomendasikan para pakar kesehatan, tentu saja sekalian dengan mengkonsumsi berbagai nutrisi penting bagi jantung sehat.
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat bagi kesehatan jantung :

1. Almond
Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung foodlovers berada dalam ‘mood’ yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa foodlovers campur pada sarapan oatmeal foodlovers. Hmm… pasti lezat dan gurih.






2. Kacang Merah
Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menyajikannya 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung foodlovers. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.




3. Gandum
Saat sarapan pagi Anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa Anda temukan dalam bubur gandum dan makanan sereal, yang di dalamnya terkandung gluten, yakni sebuah serat larut yang membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu dalam pencernaan.
Menikmati semangkuk bubur yang masih panas dengan kacang kenari, atau buah-buahan segar untuk menghangatkan perut adalah ide yang baik yang bisa Anda coba.

4. Coklat
Bukan sembarang coklat, tetapi dark chocolate (dengan kadar cocoa setidaknya 75%) akan baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung foodlovers. Sebuah penelitian di University of Scranton di Pennsylvania menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 ons dark chocolate sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk yang satu ini, tidak perlu diolah macam-macam, langsung digigit juga sudah lezat.





5. Apel
 

Apel memiliki kandungan flavonol yang disebut quercetin. Terbilang efektif membantu mencegah pembekuan darah dan merupakan sumber vitamin dan serat.







6. Bluberry
Blueberry merupakan buah kecil dengan manfaat yang menakjubkan karena mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan kandungan kandungan anthocyanidins yang tinggi, sehingga menjadi pilihan tepat sebagai makanan penyehat jantung. Selain itu, blueberry juga kaya kandungan serat yang berperan untuk menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda bisa mengonsumsi buah lainnya, seperti stroberi dan raspberry.





7. Salmon
Salmon adalah sumber paling baik dari asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, risiko pembekuan darah dan kadar kolesterol. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi dua sampai tiga kali per minggu. Salmon dan minyak ikan laut lainnya, seperti ikan tuna dapat membuat jantung sehat.







8. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau mengandung sulforaphane yang bisa membantu banyak orang untuk menyelamatkan jantungnya dengan melindungi pembuluh darah dari penyumbatan, yang bisa menyebabkan serangan jantung.





9. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.





10. Asparagus
Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung foodlovers. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung foodlovers dari radang. Selain itu, asparagus juga rendah kalori. foodlovers bisa mengolah asparagus dengan cara merebusnya lalu diberi siraman minyak zaitun, perasan lemon dan sedikit taburan keju parmesan.



11. Bayam
Popeye tahu manfaat bayam. Bayam merupakan kekuatan utama dari kerajaan sayuran. Warnanya yang gelap berasal dari berbagai macam phytochemical, vitamin, dan mineral (khususnya folat dan besi) yang berperan melawan penyakit, melindungi dari penyakit jantung, serta mempertajam pandangan mata.




12. Tomat
Perbanyak konsumsi toman sejak sekarang, sehingga Anda dapat merasakan semua manfaat dari vitamin dan likopen. Kandungan likopen mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan, dan usus besar.
Kandungan lain yang terdapat dari tomat adalah kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat, dan zat fitonutrien, yang sangat menyehatkan tubuh.

 
13. Anggur merah
Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik, sedangkan anggur hijau yang sesungguhnya berwarna putih atau pucat tidak mengandung flavonoid. Flavonoid seperti quercetin dan catechin, berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.
Walau red wine juga mengandung flavonoid, namun alkohol yang terkandung pada minuman tersebut memberikan efek gangguan pada hati, maka disarankan lebih baik meminum jus anggur merah ketimbang red wine. Dengan mengonsumsi satu sampai dua gelas jus anggur merah per hari, membantu menjaga jantung Anda tetap sehat.
Masukkan daftar makanan di atas dalam menu harian Anda sejak dini, agar jantung semakin sehat dan kuat. Karena apa yang masuk ke dalam tubuh dapat memengaruhi aktifitas yang Anda lakukan setiap hari. Saatnya membuat pilihan yang bijak dan menikmati gaya hidup sehat dengan jantung yang kuat.
Untuk lebih mengimbangi dan membuat anda sehat serta terhindar dari penyakit jantung, kami sarankan anda untuk mengkonsumsi xamthone plus obat penyakit jantung yang aman dikonsumsi baik untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit jantung. obat penyakit jantung dengan xamthone plus memiliki nutrisi penting bagi kesehatan jantung anda. Untuk informasi lebih lengkap mengenai xamthone plus sebagai obat penyakit jantung klik obat penyakit jantung, dan untuk cara pemesanan xamthone klik cara pembelian.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar